Toggle navigation

Bpk. Daniel Johan

  • Apr 03, 2017

    Nick Mathiason requested tax records from Bpk. Daniel Johan

    Dengan Hormat,

    Saat ini di banyak negara dunia para wakil rakyat diminta menanggapi tuntutan pemilih agar mulai membuka daftar kekayaannya dan pajak yang mereka bayarkan. 

    Di Norwegia dan Swedia bukti laporan pajak semua penduduk, termasuk pejabat publik dan politisi sudah terbuka untuk umum. Demikian pula di Italia, anggota parlemen harus menyerahkan bukti laporan pajak mereka setiap tahun. Data tersebut lalu dipublikasikan agar bisa diperiksa oleh pemilih.

    Sementara di Pakistan, setelah Centre for Investigative Reporting membongkar kecurangan pajak yang meluas di kalangan wakil rakyat, sekarang detail laporan pajak seluruh warga termasuk anggota DPR wajib dipublikasikan.

    Demikianlah, menurut kami, warga menginginkan wakil rakyat terpilih membuka semua sumber pendapatan mereka dan pajak yang dibayarkan. Soalnya wakil rakyat dibayar oleh pembayar pajak untuk membuat keputusan menyangkut perpajakan dan bagaimana membelanjakan dana publik untuk kepentingan seluruh masyarakat. Targetnya adalah transparansi, akuntabilitas serta menghindari penyelewengan dan konflik kepentingan.

    Bukan berarti kami menuding Anda telah berlaku curang, sama sekali tidak. Hanya saja, kami akan sangat berterima kasih jika Anda, sebagai anggota parlemen yang dipilih oleh rakyat, bersedia menjawab beberapa pertanyaan sederhana berikut, yang akan sangat membantu gerakan internasional untuk transparansi ini.

    1. Apakah Anda mendukung gerakan untuk membuka kepada publik laporan pajak dan data aset finansial politikus yang terpilih menjadi wakil rakyat?
    2. Apa yang membuat Anda keberatan dan ragu terhadap gerakan ini?

    3. Apakah Anda sudah memasukan laporan pajak ke kantor pajak?
    4. Dapatkan Anda memberikan copy laporan pajak terakhir Anda pada kami?
    5. Tolong sebutkan besaran pajak yang Anda bayar tahun lalu?
    6. Seandainya tidak dapat memberi kami copy laporan pajak terakhir atau jumlah besaran pajak yang Anda bayar, boleh kami tahu apa alasannya?

    Permintaan ini kami kirim kepada para legislator di lebih dari 20 negara, termasuk Indonesia. Finance Uncovered adalah sebuah jaringan untuk reportase investigasi bidang finansial yang berbasis di London.

    Tolong sampaikan tanggapan Anda dalam sebulan ke info@financeuncovered.org. Kami bermaksud mempublikasikan jawaban yang kami terima dan mengumumkan nama para legislator yang tidak menanggapi pertanyaan atau permintan kami.

    Hormat kami, 

    Nick Mathiason

    Finance Uncovered Director